Monday, December 17, 2007

17 Septermber 2007 [ngenet pake koneksi yang baru dibikin :D]

“Sakit itu sebenarnya respon normal karena masuknya zat asing ke dalam tubuh manusia, namun saat seseorang menderita sakit, responnya berlebihan…”

Krek..krek.. Duh, salah posisi tidur keknya wa nih… mo muter2in kepala kok jadi susah banget.. lah sejak kapan saya bisa muter2 kepala. Ajaib? Tapi serius nih kk, dari ujung leher ampe ujung rambut saya (halah hiperbol), rasanya kayak ditindih besi beton ukuran 5x5 meter. Ngeri ga situ? Abisnya, beberapa malem ini saya habisin waktu saya buwat terjaga dari mule redupnya mata2 ayam di kandang halaman belakang rumah, sampe saat ayam2 itu berkokok di pagi2 buta. Laporan lah, proyek pribadi lah, ato sekedar nonton film2 ga jelas. Saya jadi ga nyadar tidur dimana. Yang pasti saya tw, saya hampir bisa tertidur dimana ajah, kapan ajah, dan bersama siapa sajah. Ups, maksudnya waktu di kelas, ga peduli ada orang, apa enggak, saya masih bisa tertidur, waktu ikutan pengajian bapa2 juga kayak gituh. Megang Yasin, tapi kepala gerak kesana sini tanpa arah, dan akhirnya tertidur pullaaaassss….

Klo dah kek ginih, biasanya cuman ada dua pilihan: Minta Ibu saya buwat mijitin anak laki2nya yang paling cakeup inih dengan jemari2nya yang lembut, ato menerima kenyataan bahwa saya mesti kuliah dan menjalani hari2 dengan badan yang remuk.. Tapi saat ini, Ibunda tercinta tengah menempuh misi luar biasa dari sang Pemilik Alam Semesta. Duh2, ga da pilihan, ya udah terima ajah klo ujian hari ini juga mesti dilewati dengan badan yang ga karuan ini. Moga2 ajah, sang dosen memberikan pengampunan.. Halah…

Jreng..jreng.. Duh bener kata orang, rejeki buwat orang baek emang ga kemana. Abangku dari Lembang dateng padahal saya blon berharap dia dateng, abangku pun ga punya tujuan jelas knapa dia dateng kesini. Kek ujan abis musim kemarau panjang, saya berkeluh kesah tentang sakit yang menimpa badan ini sejak beberapa waktu yang lalu. Dari balik tas hitamnya, dia kluarin sejumput peralatan: Stetoskop dan Tensimeter. Dua benda pemberian orang tua saya sejak 5 taun yang lalu. Keadaannya masih baik, mungkin karna dipegang orang yang bener kali yah. Diperiksanya dengan seksama dada saya, trus lengan saya dililit dengan ah apa namanya ituh, mirip selimut, tapi bisa ngembung kalo dikasih angin.. Ah, ga penting. Akhirnya diagnosa pun diterbitkan. “Dy, kamu tuh sebenernya super sehat! Tekanan darah kamu normal. Jantung juga biasa ajah. Cuman tadi sempet deg2an yah, mikirin capa sih?” Kok kaka tw? “Ehem, abangmu ini kan dokter, inget?” “Wew, sejak kapan klo deg2an itu cuman klo lagi mikirin seseorang? .. “Melodinya beda…” ^__^… And adinovic were speechless…

Kakakak, Pernah ngrasain sakit? Ato ada yang pernah nyobain sakit? Klo saya sukanya sakit rasa coklat, itu tuh kue yang berlapis2: Kue Lapis Sakit.. Halah.. # tail dhcpd.conf…. Ngomong2 soal sakit, kira2 sakit apa yang paling berat yang pernah kamu rasain? Demam, Chikungunya, leptospirosis, Borok, budug, panu, jantung koroner, obesitas, sakit gigi, sakit radja, sakit Dewa ato mungkin sakit yang paling favorit: sakit hati?

Klo boleh cerita2 sikit soal masa lalu saya dengan sosok bernama sakit ini, maka hidup saya hampir ga bisa terlepas dari sosok ini. Tw ga, sejak pertama kali lahir (emang lahir brapa kali??), saya menerima sakit yang pertama. Baru beberapa hari setelah pertama kali menikmati campuran oksigen dan unsur lainnya di muka bumi ini, saya terkena demam tinggi. Orang sunda bilang itu penyakit “Setep”.. Ibu saya pernah cerita gimana panas saya ga turun2 walopun dah dikompres. Maka solusi terakhir adalah membiarkan potongan2 es menjadi selimut saya. Terdenger ga mungkin, tapi percayalah.. (kakakakak..).. masalah ga selese, Ibu saya juga sempet khawatir, klo bayi yang kecilnya menderita demam tinggi, minimal pasti menderita kekurangan mental (mental disoriented) gara2 kegagalan fungsi otak. Singkat kata, demam saya turun..

Tapi masalah ga berhenti.. saya dapet kiriman paket penyakit baru: Bronkhitis!! Penyakit paru2 yang menyerang orang2 yang terlalu lama terkena cuaca dingin, ntah itu angin malem, ato kondisi2 laennya.. sampe SD kelas 3, akhirnya saya mesti menjalani hari2 saya berkunjung ke tempat spesial: Rumah Sakit Hasan Sadikin, buwat dicek, ngambil obat, trus disinari pake sinar radiasi tertentu. Saya ga inget sinar apa namanya, yang jelas saya inget, tempat perawatannya ada di lantai 3 dan saya inget, waktu maen gelosoran2 di jalan sekitar klinik ituh..

Hmm, sakit terakhir yang saya dapetin, yaitu pas jadi siswa tingkat pertama kampus Ganesha 10. ga nyangka, balik kuliah, badan saya serasa diguyur ujan panas, mengigil, keringetan.. Ternyata adik saya ngalamin hal yang sama; badannya panas, dan lemes2.. kontan ayah saya membawa kami berdua menuju Rumah Sakit yang jaraknya sekitar 10 Km dari rumah kami. Kami langsung dibaringkan di atas ranjang kulit berwarna coklat, trus pak dokter mengambil sampel darah kami, dan memeriksa beberapa bagian tubuh kami. Sambil menunggu penjatuhan vonis dari sang dokter, di samping ranjang tempat saya terkulai lemas, seorang wanita muda, usianya mungkin 20 taunan, mahasiswi keknya, menjerit-jerit ga karuan. Dia nangis2 seolah ada sakit teramat berat yang ingin dia lepaskan. Ruangan yang biasanya sepi itu pun riuh oleh jeritan. Horor? Samar2, kedenger klo tuh cewe kena penyakit di sekitar lambung2 gituh deh. Saya blon pernah ngrasain kek gituh, tapi saya bisa ngbayangin gimana sakitnya, kek jerawat di jidat kali yah. Baru2 ini, temen saya ngalamin penyakit di lambung, parah!! Tapi moga2 ajah cepet sembuh temand!!

Durumdumdum… Keluarlah vonis itu. Gara2 ciuman maut seekor nyamuk cantik bernama Aedes Aegepty, saya dan adik saya didakwa terkena penyakit Demam Berdarah.. Penyakit yang konon sering merenggut nyawa anak2 seusia kami.. Argh!! Tidaak!! Dokter memberikan instruksi lanjutan, adik saya mesti dirawat intensif di ruang perawatan karena keadaannya cukup parah, sedangkan saya, mungkin dokter ngliat ada yang berbeda dari mata saya (belek??), saya diizinkan dirawat di rumah. Tanpa infus dan suster2 bohai.. Kakakakak, untunglah, saya paling ga suka diinfus, macem printer ajah. Selama 1 minggu, saya berhenti dari kuliah, dan menjalani hidup dengan selimut selalu menutupi tubuh, dan asupan mineral2 yang selalu mengalir. Yup.. dan akhirnya saya bisa sembuh dan menjalani hidup seperti biasa..

Dari sana saya mikir, adakah yang istimewa dari sakit? Jika istimewa, maka seistimewakah arti sakit, hingga pemerintah sampe repot2 ngebangun sebuah tempat khusus bernama Rumah Sakit. Ato istimewakah sakit, hingga entah sejak kapan, para musisi menjadikan sakit sebagai sumber inspirasi mereka saat meracik melodi2?..

Saya sendiri ga tw. Apakah sakit itu cuman fenomena fisik, respon fisik yang bisa terindera sebagaimana yang abang saya bilang, ato adakah sakit itu juga bisa berupa sesuatu di luar fisik, yang bikin orang berperilaku di luar kebiasaan orang normal? Kenapa juga ada yang bilang lebih baik sakit gigi daripada sakit hati, bukannya hati itu ga terindera, dan bukannya sakit gigi adalah salah satu penyakit yang paling sakit? Adakah sakit itu hanya perasaan? Apakah sakit itu adalah yang kita rasakan saat kita menerima lembar jawaban Fisika modern yang telah dikoreksi dan di sudut kertas itu tertulis sebuah angka : “19” padahal malam2 sebelumnya telah kita lewatkan dengan membolakbalik buku berwarna merah muda berjudul Fisika Modern? Atau adakah sakit itu adalah saat kita merasakan dan sepenuhnya sadar bahwa kita ga punya harapan sama sekali untuk mendapatkan apa yang kita inginkan? Ataukah sakit itu adalah gejolak yang timbul saat kita tw orang yang selalu ada dalam pikiran kita ternyata tak pernah sama sekali memikirkan kita? ataukah sakit itu yang bisa bikin Dian Sastro bilang: “Bosan aku dengan penat, enyah saja kau pekat!.. ataukah ku harus lari ke hutan, lalu ke pantai?”..Ataukah saya yang sudah sakit, karna memikiran apa itu sakit?

Suatu ketika, saya temukan sebuah tulisan:

“Ya aku sakit. Tapi aku ingin sakit ini selamanya! … yakni sakit para pembela kebenaran!!”

Lah ini kok ada orang yang ngarepin sakit? Bukannya sakit itu bgini? Bukannya sakit itu begitu? Sakit tuh orang!! Tapi dia kang emang ngaku sakit, jadi apa gunanya ngutuk dia sakit? Ah, sakit otak wa nih… nguing2…

Iseng2 akhirnya saya nyalakan tv yang mulai berdebu itu. Dari Channel nomer 1 sampe Channel 16, saya sengaja mengganti2 saluran buwat nyari program2 asik, yang konon jumlahnya hanya sepersekian dari tayangan2 lainnya yang cuman jadi sampah. Trus saya pikir, walopun setiap saluran memiliki acara unggulan dan kelebihan masing-masing, tapi ada suatu kesamaan di antara mereka. Mereka pasti selalu punya program bernama Berita..

Oya, knapa yah klo di program2 berita, walopun faktanya satu (sama), tapi kok apa yang disampein saluran2 tv tadi ternyata bisa berbeda2? Hihi.. konspirasi? Ntahlah, tapi yang saya suka dari berita adalah, mereka masih bisa nayangin sesuatu yang nyata terjadi, walopun kadang mesti ditambahi bumbu2 tertentu untuk mengdongkrak popularitas saluran tsb. Dari Kuliner, perampasan budaya yang dilakukan suatu negeri terhadap negeri lain, penyerangan suatu negara besar ke negara-negara ‘nakal’ dengan dalih “perang melawan terorisme”, kasus pemerkosaan seorang nenek 78 tahun oleh 5 pemuda, terbunuhnya beberapa pahlawan devisa, Polikarpus, hingga kebijakan2 pemerintah yang tidak populis seperti menaikkan harga bahan bakar minyak hingga 128 persen.. Argh!!!

“GW TAU!!!” Gw tau, saya tau, urang nyaho!! Saya tw, knapa temen saya memilih untuk menjadi orang sakit? Bagaimana mungkin orang ga merasa sakit saat dunia telah menjadi tempat tumbuh kembangnya penyakit2 ga manusiawi kek gini? Bagaimana mungkin orang ga merasa sakit saat kehormatan wanita seakan tidak ada harganya? Bagaimana mungkin orang ga ngrasa sakit saat tw kekayaan alam negerinya diboyong oleh negara asing, sementara sodaranya sang pemilik kekayaan alam itu hanya bisa menggunakan secarik daun untuk menutupi beberapa bagian vital tubuhnya? Bagaimana mungkin orang ga bakalan ngrasa sakit, klo sekolah atau perkuliahan yang mereka jalani berpuluh2 taun, ternyata hanya bisa menjanjikan mereka untuk masuk dalam daftar antrian pengangguran taun2 berikutnya? Gimana mungkin orang ga ngrasain sakit, saat menyaksikan kios2 emang bibi, rumah2 abang mamak digusur, dihancurkan, dibumiratakan dengan buldozer, dengan alasan ketertiban umum. Seolah2 merekalah yang telah menghabiskan persediaan air tanah, menghabiskan banyak listrik dengan memasang peralatan2 yang boros listrik, mengurangi daerah resapan air karena lapisan tanah itu mesti ditambal dengan jalinan aspal demi lahan parkir?

Argh!! Klo ginih, saya juga mendingan milih jadi orang sakit!! Klo ngambil definisi sakit yang dikasi abang saya, maka suatu yang normal jika kita ngliat sesuatu yang ‘diluar’ kita merangsek masuk dalam tubuh kita dan merusak jaringan tubuh kita. dan suatu ketidaknormalan, jika kita tw ada yang merangsek dan merusak tubuh kita, dan kita katakan kita tidak sakit!

Temand.. Maka saya katakan, saya memilih menjadi orang sakit di tengah orang2 yang menganggap kesakitan yang dialami negeri ini sebagai sebuah kondisi ketidaksakitan!!! Saya sakit!! Saya sakit!! Dan saya perlu obat untuk mengobat sakit saya ini!!

Ada yang punya obatnya? Ada? Ada? Okeh, klo sodara punya obat, maka saya perkenankan saya untuk bertanya lagi: Sudah benarkah diagnosa sodara terhadap penyakit saya, terhadap penyakit yang diderita negeri ini, sehingga sodara bisa menganjurkan resep obat mana yang mesti saya ambil di apotek?

Hmm.. Sodara dokter? Apa bahasa rusianya dokter? Ada berapa jumlah dokter di dunia? Halah.. Knapa minum obat ajah mesti pinter.. Kakakakak!! Udah ah, saya beneran sakit nih.. Doain ajah biar cepet ‘sembuh’, oiya buwat kalian yang juga memilih untuk jadi pesakitan, kita bikin gerakan baru yuk, usulan saya buwat nama gerakannya : International Movement of Pesakitan in Developing and Advance Country” Gimana? Ada yang tertarik? Klo tertarik, berarti selamat, anda telah memenuhi kualifikasi pertama untuk masuk gerakan ini. Bagi yang belum, silahkan memelajari bagaimana tahapan2 orang bisa sakit, baru anda melamar lagi kesini. Gimana setuju setuju ? okeh..

[untuk mereka yang lebih dulu sakit, dan mereka yang pengen sakit] :p

Seeeeee Yaaaa!!!

1 bahan bakar ide!!:

adinovic pelupa said...

hoii!!! kk, sayah anu kasep, tapi sedikit geulis..
boleh komen tidak? boleh lah nya!

sayah punya pengalaman sdikit tentang sakit. gapapa lah kang, ga bakal diminta buwat bayarin biaya berobat, tapi transport* mah teu apah2 lah
*)dengan syarat, biaya berobat < transport :p

klo terjaga/bangun pagi2, jam 1an lah, saya teh suka batuk2 gituh ga jelas. padahal pas siang mah, saya biasa2 ajah. ga puguh itu mah batukna, ngajak bcanda kayaknya mah.

trus, tapi klo bobo sampe terbit fajar mah, saya ga ngrasa batuk2.. kunaha nya? ada apa2 gituh.. punten dulur..

tapi nanti heula, buka2 internet lah sdikit mah [urang kampung ge mesti melek inet lain?, aya keterangan, mun pagi2 teh, wajar wae klo batuk2, soalnyah tah di pagi2 teh, si paru2 berespon normal untuk mengeluarkan kotoran2 sepanjang sistem pernapasn, jadi nya batuk2 kitu lah.. tapi lamun tidur mah henteu batuk2 gituh. soalna, nya awak*na keur teu sadar.
*)badan..

jadi ksimpulan sayah mah nya, nambahan sdikit lah dari tulisan didinya, sakit teh baru terasa klo kitanya sadar ada kotoran yang mesti dikluarin. klo ga sadar, ato teu mau sadar2 mah, moal sakit, soalnyah, apa bedana antara ada kotoran jeng tidak ada kotoran keur orang tidak sadar. liat ajah nu gelo*
*)orang gila..

kitu lain dulur...
hapunten ah..