Tuesday, January 8, 2008

8 Januari 2008

“Akhirnya datang juga!!...”

Hahaha!! Engga!! Dengan omongan saya tadi, saya ga berniat mempromosikan satu program acara yang disiarkan di salah satu stasiun televisi swasta yang menayangkan aksi2 spontan dari aktor/aktris kenamaan indonesia saat ditampilkan pada suatu adegan, tanpa mereka dikasi tw alur cerita atau naskah skenario. Walopun sebenernya saya demen juga ma acara kek gini. Bukan cuman ngocol abis, tapi darisana kita bisa ngliat kemampuan seorang aktor itu, apa aktor beneran, ato cuman aktor bermodal tampang dan hapalan naskah! Cem betul ajah, kek kritikus pelem itu loh. Di acara ini, kita bisa ngliat improvisasi dari para aktor, entah itu yang garing, bodor, ampe yang dudul abis!! Ampe2 si aktor ketawa sendiri ngliat tingkah mereka. Saya ngbayangin, klo acara kek gini juga mestinya diikutin sama pejabat2 kita ituh. Gimana2? Iyah, jadi pas seleksi jadi pejabat tuh, diatur gimana di suatu tempat itu ada adegan2 yang telah direkayasa, trus kondisi sekitarnya juga, trus disuguhin kasus nyata yang mesti diselesein si calon pejabat. Nah, klo ujianna cuman tes tulis ato lisan doang, pan mereka bisa ngrekayasa, pake duit lah, pake joki lah, tapi klo kasus nyata. Nah lo!! Ntar bisa kliatan gimana ekspresi dan tindakan si calon, apa sebenernya dia orang jujur ato orang2 palsu, ato jangan2 mereka bukan manusia!! Kakakakak, jadi inget cerita putri Tidur, klo yang nyium tuh putri, pangeran yang bener, si putri bakalan bangun, tapi klo bukan, ya tetep ajah tidur! Wah enak yang bukan pangeran beneran dong.. udah ah, jangan diterusin.. takut jadi ngbayangin (*@#)(*@ Argh!!

Hmmm, dasar yah. Kata orang, dunia ini bukan dunia nyata, tapi dunia palsu! Orang2 yang didalemnya penuh kepalsuan! Mungkin ini juga didikan dari sistem pendidikan palsu yang akhirnya hanya melahirkan akademisi2 palsu, akademisi2 palsu ini duduk di jabatan2 palsu, akhirnya pemerintahan yang ada adalah pemerintahan palsu. Karna pemerintahannya palsu, maka kebijakan2 yang dikluarkan adalah kebijakan2 palsu, akhirnya setiap pergantian 5 taun masyarakat hanya menerima janji2 palsu dan impian2 palsu. Smuanya.. Palllsssuuuuuu.. *su!! Ups..

Ah, inget yang palsu, saya jadi inget romansa kehidupan saya di masa SMU dulu (cieeh…halah, emang situ pernah makan bangku sekolah?) Hehe, dasar. Makan sih blon tapi klo ditampol ma bangku keknya pernah. Sudahlah.. tak ingin awak mengulang masa2 kelam awa… hiks.. Yup. Waktu itu ceritanya salah satu gigi saya (gigi seri, bagian depan) mulai terasa senut2.. nut2… malemnya masih asik makan coklat hadiah bibi dari jakarta, karna ngantuk, dan males tentunya, saya ga sempet sikat gigi. Walhasil, pas saya bangun, kruk kruk.. di dalem mulut, kek ada kerikil2 gituh, heran, akhirnya dikluarin tuh benda kluar dari mulut yang masih segar dengan aroma pagi hari.. wah putih.. kerikil apaan, pas meliuk2in lidah ke gigi bagian depan. Argh!! Gigi saya bolong pas bagian tepinya!! Tiba2 nuuut.. sakitnya ga ketahaaan!!! Sial!

Itu salah satu pengalaman menarik saya waktu smu dulu. Blon lagi, di smu saya ada seorang teman yang baru saya kenal (walopun sebenernya tuh orang dah terkenal seantero smu saya, saya nyah ajah kuper..), dan terang2an dia menyatakan dirinya seorang atheis.. hmmm, atheis adalah kata2 yang tabu dalam pikiran saya waktu ituh. Walopun pemahaman agama saya kurang, tapi rada aneh ajah klo tw ada orang yang atheis. Lagian, ah namanya juga anak Smu, sapa tw dy cuman nyari sensasi, istilahnya atheis sok seksi. Atheis cuman biar dianggap keren, tanpa mengalami proses pemikiran. Wlopun klo dah mikir mestinya rada sulit jadi atheis. Hmm..cuman, walopun dah kenal, saya ga berani buwat sekedar nanya knapa sih lo nganggap tuhan ga ada, ato sekedar maparin knapa sih saya percaya ma yang namanya Tuhan. Hingga akhirnya tuh anak ngajak ngobrol, pasalnya di hari2 sebelumnya, saya nyebarin tulisan2 ke seantero sekolah buwat ngasi tw kejahatan2 dibalik kebijakakan2 negara asing di negeri kita. ngobrolnya kesana kemari, saya juga masih polos. Slain itu juga deg2an, karna dalam pikiran saya, orang2 atheis ituh pasti orang2 pinter, jangan2 pas kita ngobrol, dia balikin logika saya, dan murtadlah saya…

But, yang namanya orang itu mestinya berubah, lewat banyaknya fakta yang terindra dan informasi2 yang terkait fakta tsb, sedikit demi sedikit, saya mulai menggugat pemikiran teman saya ituh. Di suatu hari, saya ajak dia untuk berfantasi, bukan fantasi jorok. Kita bayangkan bahwa kami berdua adalah 2 anak sekolah dasar di suatu negeri komunis. Entah apa disana namanya sekolah dasar. Tapi karna ini fantasi kita, di sekeliling saya dan teman saya ada puluhan anak kecil lainnya, laki2 dan perempuan, tapi teuteup saya adalah murid laki2 yang paling ganteng, yang kedua tentu temen saya itu. Dan teman saya menerimanya. Yeee, terserah, ini kan fantasi saya!!

[Masih dalam fantasi kita] Dari balik pintu, seorang wanita muda dengan pakaian khas, berjalan ke sebuah meja kerja yang diatasnya ada sekotak kapur tulis dan segenggam lili merah yang disimpan dalam gelas kaca yang diisi air bening. Dan mungkin tadi pagi ada salah satu anak yang berbaik hati menyimpan sebutir apel new zealand yang ranum di atas meja itu. Si wanita pun tersenyum. Ga ada ucapan salam yang biasanya diucapkan oleh siswa2 di negeri yang rakyatnya masih memegang agama wlopun hanya sebagian. Di pagi yang diselimuti kabut dan salju tebal, si wanita berkata “Baik anak-anak, sekarang waktunya kita mempelajari ilmu2 agama. Bukan anak-anak, disini kita bukan mendalami ajaran agama untuk kita peluk, tapi mempelajari bahwa agama itu adalah candu, yang tidak semestiyna didekati anak-anak baik seperti kalian. Bu guru akan membimbing kalian memelajari keburukan dan kepalsuan ajaran agama. Baiklah kita mulai, tapi pertama kamu!” jari telunjuk sang guru mengarah tepat pada seorang anak dengan baju berwarna hitam. “Saya bu?” “iya! Lantas siapa lagi? Kamu kan murid yang paling ganteung di kelas ini?!” kata bu Guru. Dengan segera anak itu menjawab “Tepat bu! Ibu tidak salah sedikit pun!! ada apa guruku tersayang?” “Kamu jangan tidur lagi saat saya mengajar pelajaran ini!!” Bah, dia tau kebiasaan buruk saya sampe sekarang.. “wah, ibu kok tw saya suka tidur di kelas..” “Hmm, terliat dari raut mukamu, tapi sebenarnya ada penjelasan logis untuk hal ini..” “Apakah penjelasan itu guruku tercinta?” “Ehem… Ini kan fantasi kamu… jadi sudah semestinya ibu tw..”

“Baiklah kita tinggalkan dia sendiri. Anak2, percayakah kalian dengan Tuhan?” “Percaya!!!” “Hmmm, begitu ya.” “klo memang Tuhan ada, coba kalian minta sesuatu pada Tuhan kalian. Mintalah permen pada Tuhan, ibu beri waktu 5 menit. Mulai sekarang..” dan semua anak berdoa dengan gayanya masing2, ada yang sambil berlutut, menengadahkan tangan, hingga ada yang nangis2, tapi semua anak melantunkan doa yang sama “Tuhan, berikanlah kami permen..” Termasuk si anak yang paling ganteng (masih ingat kan : saya tentunya..), karna takut kena bentakan sang guru.

“Ya selesai, sekarang mana permen yang kalian minta?” Semua anak terlihat murung.. “Nah, kan kata ibu juga apa, mana ada Tuhan, kita ga pernah ngliat dia, bahkan ketika kalian meminta permen, Tuhan tidak memberikan apa yang kalian minta.. nah berarti, tuhan itu ada ato tidak anak2..?” “Tidak ada bu!!” suara 40 anak (minus saya dan teman saya) berteriak dengan lantang. Bu guru tw, kami berdua tidak menjawab, tapi nampaknya dia membiarkan kami untuk serangan dia selanjutnya.

“Nah, sekarang tutup mata kalian dengan rapat” “Wah, susah pisan atuh bu, masa nutup mata dengan rapat, siapa pimpinan rapatnya? Siapa yang jadi notulennyah?” “oiya, maksud ibu, tutup mata kalian sekarang juga, sebelum ibu menyuruh kalian membuka mata, jangan ngintip, klo ngintip, bintitan..(halah.. guru manusia juga toh, bisa bcanda juga…)” “Sekarang kalian minta pada ibu, ibu kami minta permen, ayo anak2.. yang diem ga bakal ibu kasih permen loh..” “Bu guru, kami minta permen..” dan akhirnya setiap anak mendapatkan permennya masing2. mereknya Lolipops. Ups aduh saya ngintip, pura2 ga ngliat ah… “Nah, sekarang buka mata kalian, dan liat apa kalian sudah mendapatkan permen masing2?” “Iya bu Guru…” “Nah, berarti siapa yang mestinya kalian percayai, Tuhan atau Ibu Guru?” “Ibu guru!!” Sang ibu tersenyum, doktrinnya telah berhasil disuntikkan dalam benak setiap anak. Tapi alangkah terkejutnya saat seorang anak (yang paling ganteung) mengacungkan jemarinya yang mungil. “Ibu, saya mw nanya tentang Tuhan dan Ibu guru.. boleh tak?” “Hmm, aduh gimana yah, ibu lagi banyak kerjaan nih, pengen cepet2 pulang, tapi karna kamu ganteng, ya udah gapapah lah tapi jangan banyak2 yah…” “Ngg.. ini bu, di pelajaran biologi, saya dikasi tw, setiap manusia ituh punya otak, tapi saya ga pernah ngliat otak. Saya mo nanya, ibu punya otak tidak sih?”

“Aduh, kamu jangan kurang ajar yah. Masa iya ibu tidak punya otak! Nilai tata krama kamu, ibu kurangi setengahnya. Klo ngeyel lagi, ibu potong setengahnya lagi. Mau kamu?!! ” “Yee terserah, lagian bentar lagi saya ga skolah disini kok. Iseng ajah disini, nyari sensasi gituh.. Ibu jawab dong ah pertanyaan saya..” “baik, tentu Ibu punya otak.” “Hmm, mana otak Ibu? Kok saya ga bisa ngliat yah..” “Ini di dalem tempurung otak ibu, percayalah, pasti ada kok, ntar ibu kasih permen lagi klo kamu percaya.. mau?” “Loh, ga bisa dong bu, ibu nolak keberadaan Tuhan karna katanya Ibu ga bisa ngliat Tuhan. Lah apa bedanya klo saya nganggap Ibu ga punya otak, karna saya ga bisa ngliat otak Ibu?” “Iiihh kamu, kamu liat deh gambar2 otak manusia yang ada di buku. Ato pernah liat tv blum, yang operasi otak itu. Nah itu ada kan otaknya, jadi ibu juga punya otak tw!!” “Loh, itu kan otak mereka, mana saya tw ibu punya otak..?” “Iiih disini, kamu ngotot amat sih dikasi tw juga.. Klo ibu buka tempurung kepala ibu, pasti ada otaknya, Ibu yakin dah, sumpah!!” “Lah, klo otak ibu dibuka, lantas gimana ibu bisa tw ibu punya otak, lah otak yang merupakan tempat pemrosesan panca inderanya ga bisa dipake..” “Tw ah, ibu sibuk, pengen pulang, pengen masak otak2, sekarang kluar kamu dari kelas ini, cepat!! Ibu tak sudi menerima kamu di kelas ini, Kluaaar!!!” “Yeee.. tapi bu minta permennya lagi dong..” “Ga mw, cepat keluaaar!!!” Dengan kibasan gelombang ultrasoniknya, saya dan teman saya kembali ke dunia nyata, dibawah naungan tiang basket…

“So, gimana temanku.. masih mau lanjut… ?” saya biarkan teman saya mengembara dalam pikirannya. Nampaknya kami kelelahan walau hanya dalam fantasi. Setelah itu romansa saya berakhir.

Argh!!! Lagi2 tulisannya kepanjangan!! Gimana inih aduh2, ntar si pacul ngomel2 lagi soal tulisan saya yang sering kepanjangan, tapi isinya kosong..

Duli cul!! Duli duli… [play:sally_sendiri.mp3]

Hihi.. See yaaaa!!!

2 bahan bakar ide!!:

Faisalman said...

hwahahahahaha..... :D
ady emang bakat nulis..
(plus bakat ngebanyol juga sih.. <_< )
terusin atuh, dy, nulisnya..

"we want more"
(anonymous 1900-1960)

nila said...

setuju sama faisakman!!!!!

-calon promotor-